JAKARTA, JITUNEWS.COM – Rapat konsultasi pengganti Badan Musyawarah (Bamus) memutuskan pembahasan Revisi UU MD3 akan dibahas di Badan Legislasi (Baleg).

PDI Perjuangan Pastikan Revisi UU MD3 Bukan Antisipasi Impiechment Presiden

Terkait hal itu, pengamat politik dari Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago, menilai, masuknya revisi UU itu hanya sebagai alat tawar Ketua DPR Setya Novanto (Setnov) yang diduga terlibat korupsi e-KTP.

Pasalnya, kata Pangi, pembahasan revisi UU MD3 itu selama ini yang kerap tertunda, namun kini tiba- tiba saja sudah masuk ke Baleg.

Hanura Dukung Revisi UU MD3

“Bukannya tidak mungkin masuknya revisi UU MD3 yang membuat keinginan PDIP terkabul ini bisa dipahami sebagai strategi politik untuk menyelamatkan Setya Novanto dalam jerat korupsi e-KTP,” kata Pangi di Jakarta, Rabu (22/3).

Lebih jauh Pangi melanjutkan, revisi UU MD3 yang awalnya menjadi pintu masuk ‘kocok ulang’ pimpinan DPR serta penambahan kursi pimpinan DPR untuk PDIP, sekarang berubah menjadi upaya penyelamatan Setnov.

“Semangat revisi UU MD3 lebih kental aroma politis menyelamatkan Setnov dan bagi kursi kekuasaan pimpinan DPR untuk PDIP. Karena, saat ini Setnov punya kekuasaan dan untuk kita ketahui posisi ketua umum Golkar (DPR) bukan posisi yang bisa dianggap enteng. Punya bargaining yang bagus,” pungkas Pangi, seperti diwartakan teropongsenayan.

Leave a Reply