Metrotvnews.com, Jakarta: Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo bukan tak mungkin menjadi  bintang baru dalam Pilpres 2019. Pengamat politik Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago menilai Gatot bisa menjadi suntikan elektoral bagi Joko Widodo dalam pertarungan kembali menduduki kursi orang nomor 1 di Indonesia.

“Sosok Gatot bukan tidak mungkin menjadi ‘siraman oksigen politik’ Jokowi. Jika Gatot sebagai cawapres bisa menjadi suntikan elektoral dalam rangka memenangkan Pilpres 2019,” ujar Pangi seperti dilansir Antara, Senin 10 Juli 2017.

Sosok calon wakil presiden, tegas Pangi, bakal menentukan kemenangan dalam persaingan elektoral. Elektabilitas Gatot disebut semakin meningkat.

Pangi menjelaskan, publik sulit membaca ujung cerita dan teka-teki politik. Gatot, kata Pangi, dianggap mampu mengambil ceruk potensial pemilih muslim.

“Karena defensif membela ulama yang dituduh dan masif dipojokkan,” ujar Pangi.

Komitmen Gatot menjaga NKRI dan melindungi Presiden Jokowi tak perlu diragukan. Ia dianggap sudah menjalankan tugas sebagai Panglima TNI dengan baik. Ia menjadi pentolan garda terdepan menjaga Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, dan UUD 1945.

Pangi juga mengklaim Gatot tidak pernah menyimpang dan melenceng dalam menjalankan tugas pokok serta kewajiban sebagai Panglima TNI.

“Gatot terbukti tidak melakukan akrobat politik seperti tudingan makar yang dituduhkan kepada dirinya belakangan ini,” ucap dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *