Pengamat Politik Pangi Syarwi Chaniago meyakini program Operasi Sabu Bersih (Saber) Pungli hanya ‘akal-akalan’ Pemerintah untuk sekadar pencitraan dan tak akan bertahan lama.

“Saber Pungli lahir karena kelemahan pemerintah menegakkan hukum. Ini tak lebih hanya pencitraan,” ujarnya saat dihubungi kriminalitas.com, Rabu (26/10/2016).

Dirinya melihat program yang diinisiasi Presiden Joko Widodo tersebut hanya reaksi sesaat dari pemerintah. Apalagi, kata dia, program tersebut lebih banyak unsur politisnya ketimbang untuk pemberantasan korupsi.

“Di satu sisi kita apresiasi semangatnya namun belakangan saya mulai enggak percaya ketika kasus BLBI, Century dan Sumber waras dibiarkan mengambang,” kata Pangi.

Menurut Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting  ini, pemerintah tak memiliki kekuatan untuk menghadapi mafia dan bandar pemilik modal sehingga hanya berani membongkar kasus pungli skala kecil.

“Negara kalah melawan mafia dan cukong kelas kakap di negeri ini. Mereka hanya berani korupsi atau pungli yang nilainya hanya jutaan. Itu urusan polsek saja semestinya. Enggak perlu Presiden turun tangan,” katanya.a

Leave a Reply