JAKARTA – Sejumlah aktivis ditangkap aparat kepolisian setelah diduga akan melakukan makar terhadap kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).‎ Penangkapan terhadap sejumlah aktivis tersebut pun lantas menuai pro dan kontra sejumlah elemen.

Kritikan terhadap penangkapan sejumlah aktivis tersebut juga ikut ditanggapi oleh pengamat politi‎k Pangi Syarwi Chaniago. Menurutnya, negara tidak boleh bertindak sewenang-wenang dalam mengamankan seseorang.

“Negara‎ tidak boleh dikit-dikit main asal tangkap saja, bahaya,” ujar Pangi saat dikonfirmasi soal penangkapan sejumlah aktivis yang dituding melakukan makar, Jumat 2 Desember 2016.

Dikonfirmasi secara terpisah, pengamat politik asal Universitas Paramadina, Hendri Satrio menjelaskan, pihak kepolisian seharusnya dapat memberikan bukti secara rinci untuk dapat menangkap dan menetapkan seseorang menjadi tersangka.

“Walaupun saya yakin pasti polisi bertindak profesional tetapi tetap saja harus ada penjelasan dari ‎aparat terkait dugaan makar ini,” tukasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *