JAKARTA – Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago menilai, pasangan calon gubernur Anies Baswedan-Sandiaga Uno ‎dan tim pemenangannya harus bekerja ekstra demi mendulang suara secara efektif pada putaran kedua Pilkada DKI 2017.

“Memang tren banyak belakangan parpol berlabuh mendukung Anies-Sandi. Dukungan parpol sangat penting sebagai suntikan elektroal, walaupun faktor figur tetap paling dominan dibandingkan mesin parpol,” kata Pangi kepada Okezone, Senin (13/3/2017).

Pangi berujar, parpol sebagai bagian dari suprastruktur politik sangat penting untuk mendukung suatu paslon. Namun, ia berkata bahwa faktor kapasitas dan kapabilitas paslon-lah yang menjadi faktor penentu kemenangan pada putaran kedua nanti.

‎”Tetap faktor figur atau kapasitas dan kapabilitas calon menjadi faktor menentukan kemenangan kontestasi elektoral putaran kedua,” ujar dia.

Karenanya, Pangi meminta relawan dan pendukung Anies-Sandi dapat menyampaikan pesan politik yang positif ‎agar konstituen semakin mantap dan tidak berpindah ke lain hati.

“Tim relawan, darat dan udara, mesin parpol, figur dan bagaimana calon membungkus dan menyampaikan pesan sehingga pemilih mantap dan tidak berpikir lain terkait calon tersebut,” pungkas dia.

Leave a Reply