TEMPO.CO, Jakarta – Ketua Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean mengatakan partainya tidak mempersoalkan sikap Gubernur Nusa Tenggara Barat Tuan Guru Bajang atau TGB Zainul Majdi mendukung Presiden Joko Widodo dalam pemilihan presiden 2019. Ferdinand mengatakan partainya tidak menjadikan sikap TGB itu sebagai sesuatu yang harus dibahas.

“Kami tidak kaget dengan manuver TGB, tidak masalah dan tidak mengganggu sama sekali bagi Demokrat,” kata Ferdinand kepada Tempo, Kamis, 5 Juli 2018.

Baca juga: Poros Pemuda Nusantara Dukung TGB Zainul Majdi di Pilpres 2019

Rabu, 4 Juni, beredar kabar TGB Zainul Majdi menyatakan dukungannya kepada Jokowi untuk menjadi Presiden RI pada 2019. Dukungan itu terungkap melalui foto yang tersebar melalui aplikasi perpesanan dan media sosial.

Dalam foto itu, tampak foto TGB bersama Jokowi, disertai tulisan “Kemaslahatan bangsa, umat, dan akal sehat jadi pertimbangan. Beliau layak dan pantas diberi kesempatan dua periode. TGB, Jakarta, 4 Juli 2018.”

TGB Zainul Majdi merupakan politikus sekaligus anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat. Namun, Ferdinand menegaskan bahwa sikap TGB itu bukan dan belum menjadi sikap resmi partai. Saat ini, Demokrat belum menentukan arah dukungan dalam pemilihan presiden 2019 nanti.

Ferdinand mengatakan, Demokrat mempersilakan TGB menggunakan haknya mendukung Jokowi di pilpres 2019. Dia mengatakan partai tak terlalu mempedulikan hal tersebut.

“Kami fokus membangun dan membesarkan partai, bukan sedang cari kekuasaan seperti itu,” ujarnya.

Ferdinand tak merinci apa yang dia maksud manuver dan mencari kekuasaan. Dia mengatakan enggan berspekulasi lebih jauh, termasuk soal peluang TGB menjadi calon wakil presiden untuk Joko Widodo.

Baca juga:  Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi Safari Dakwah di Timika Papua

“Biarkan TGB melakukan hak politiknya. Kalaupun jadi cawapres Jokowi silakan saja, meski rasanya itu tak mungkin,” kata Ferdinand.

Sebelumnya, nama TGB Zainul Majdi sempat disebut sebagai salah satu yang berpotensi menjadi kandidat cawapres Jokowi. Pengamat politik dari Voxpol Center, Syarwi Pangi Chaniago, misalnya, menilai TGB Zainul Majdi cukup berpeluang menjadi cawapres Jokowi. Menurut Pangi, TGB merupakan sosok yang berpengalaman dalam politik dan memiliki ketokohan agama yang sangat kuat.

Tempo telah berupaya menghubungi TGB untuk mengkonfirmasi alasannya mendukung Jokowi. Namun, TGB belum bersedia memberikan keterangan. Dia mengatakan sedang mendampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam kunjungan di Lombok.

Leave a Reply