INDOPOS.CO.ID – Pengamat Politik‎ dari Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, elektabilitas Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mulai tersalip dua lawannya menjelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta.

‎”Artinya bukan tidak mungkin, fenomena Ahok merajai hasil survei tidak relevan lagi. Dan sekarang elektabilitas Ahok mulai disalip‎, ditelikung oleh Agus dan Anies. Ahok bisa ditenggelamkan oleh dua sosok ini,” ujarnya di Jakarta, Selasa (22/11).

Menurut Pangi, faktor penetapan status tersangka kasus dugaan penistaan agama terhadap Mantan Bupati Belitung tersebut menjadi hal yang paling dominan dalam menurunnya elektabilitas serta kepercayaan publik.

“Dalam beberapa survei, masyarakat memilih pemimpin ideal hampir 60 persen, pemimpin bersih dan jujur, sementara status tersangka Ahok ini mengganggu,” jelasnya.

Oleh karena itu, saat ini, para partai politik pengusung Ahok tengah bekerja keras untuk mendongkrak kembali kepercayaan publik. Namun, kata Pangi, untuk mengembalikan kepercayaan publik terhadap Ahok sangatlah sulit.

“Ini sesuatu langkah yang berat bagi Parpol pengusung Ahok. Karena mayoritas umat Islam saat ini distrustterhadap Ahok. Ahok sudah menyentuh wilayah sensitif agama,” tukas Pangi. (rmn)

– See more at: http://indopos.co.id/elektabiltas-ahok-mulai-disalip-dua-lawannya/#sthash.aS17yVxb.dpuf

Leave a Reply