JawaPos.com – Sukses antarkan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno di Pilkada DKI Jakarta bakal berimbas positif pada proses pencalonan Prabowo Subianto di pemilihan presiden (Pilpres) 2019 mendatang. Bahkan kini sejumlah nama mulai digadang-gadangkan akan mendampingi Ketua Umum Partai Gerindra tersebut.

Figur calon pendampingan yang diperkirakan dapat memuluskan jalan mantan Danjen Kopassus itu berasal dari sejumlah kalangan, baik politisi, kepala daerah, tokoh nasional dan lain sebagainya.

Menurut Sekjen Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Kaka Suminta, salah satu tokoh yang paling potensial mendampingi alias calon wakil presiden (cawapres) Prabowo, yakni Anies Baswedan, tokoh yang baru saja diantarkannya ke kursi DKI 1.

Jika dengan pasangan ini, sambung Kaka, maka pola koalisi tidak akan jauh dari Pilkada DKI Jakarta. Seperti Partai Gerindra, PKS, dan PAN.  “Partai yang akan mengusung Anies (maju sebagai cawapres,red) ini hanya soal komunikasi parpol-parpol pendukung Anies-Sandi (saat Pilkada DKI,red),” ujar Kaka Minggu (23/4).

Pandangan senada juga dikemukakan Direktur Eksekutif Voxpol Center Reaearch and Consulting Pangi Syarwi Chaniago. Pangi menilai kemenangan Anies-Sandi bakal mendongkrak elektabilitas Prabowo.

Hal senada juga dikatakan Pengamat Politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio. Menurutnya, beberapa nama lain yang punya kans besar menjadi cawapres mendampingi Prabowo. Sebut saja Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Tuan Guru Zainul Majdi.

Kemudian mantan Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli, Politikus Golkar Ade Komarudin, dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Nama lain, menurut dia, adalah mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan.

Leave a Reply