INDOPOS.CO.IDKonflik perebutan posisi pimpinan DPD RI nampaknya akan cepat reda. Pasalnya, GKR Hemas selaku pentolan kubu yang menolak Oesman Sapta Odang (Oso) dilantik sebagai pimpinan baru mulai melemah. Senator asal Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) itu telah mengembalikan mobil dinas yang digunakannya sewaktu menjabat wakil Ketua DPD RI.   

Pantauan, mobil merk Toyota Crown Royal Salon berwarna hitam dan bernomor polisi RI 59 telah terparkir di DPD RI, Komplek Parlemen, Senayan. “Betul. Mobil dinas RI-59 sudah diparkir di kantor DPD. Mobil yang dipakai Bu Hemas itu telah dikembalikan kemarin sore sesuai Info dari Biro Umum, Selasa (11/4) sore,” ungkap Sudarsono  Hardjosoekarto, Sekjen DPD RI kepada wartawan saat dihubungi, Rabu (12/4).
 
Menurut Sudarsono, mobil dinas pimpinan DPD itu sempat menjadi perdebatan karena GKR Hemas masih menganggap dirinya Wakil Ketua DPD RI yang sah. Bukan hanya mobil, rumah dinas juga menjadi persoalan tersendiri ditubuh DPD. 
Pengamat politik, Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, dengan dikembalikannya mobil dinas GKR Hemas berarti suatu tanda-tanda perlawannya dalam mempertahankan posisi pimpinan DPD RI mulai melemah.
 
“Apabila memang masih ngotot dan tetap melawan tidak mungkin mobil dinas dia (Hemas, red) dikembalikan,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (12/4).
 
Apabila kondisinya sudah seperti itu, sambung Direktur Voxpol Center tersebut, kemungkinan besar konflik internal ditubuh para senator akan cepat mereda. Bagi para pengikut GKR Hemaspun berangsur akan menerima Oso sebagai pemimpin baru mereka.
 
“Lambat laun Oso akan diterima oleh loyalis Hemas sebagai Ketua DPD RI yang baru,” imbuhnya.

Leave a Reply