JAKARTA – Pengamat politik  dari Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago menilai Pilgub DKI Jakarta 2017 merupakan pesta demokrasi yang akan menjadi contoh pilkada di daerah lainnya. Pillgub DKI Jakarta akan semakin menarik ketika Basuki T Purnama (Ahok) yang kini berstatus tersangka menjadi pemenang.

Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, Pilgub DKI Jakarta 2017 akan menjadi contoh pilkada di daerah Indonesia ini. Maka itu, sudah sepatutnya jika dalam pesta demokrasi nanti di Jakarta itu diperlihatkan kontestasi Pilgub DKI yang fair dan jujur dari berbagai aspek.

“Saya pikir, sepanjang Ahok belum menjadi terdakwa dan belum ada putusan tetap, dia masih bisa ikuti proses kampanye sampai pemilu nanti,” kata Pangi pada Sindonews, Kamis (17/11/2016).

Pangi menuturkan, dalam UU pun tak disebutkan, seorang tersangka yang ikut dalam kontestasi pilkada secara otomatis akan gugur dirinya sebagai cagub-cawagub.

Namun memang, dalam Pilgub DKI Jakarta ini yang menjadi lebih menarik itu karena salah satu paslon yang maju di Pilgub DKI Jakarta merupakan orang yang kini menjadi tersangka. “Menariknya, ketika seorang tersangka bisa menang? Kan mungkin saja. Nah nanti akan seperti apa?,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *