JAKARTA – Partai Perindo yang diketuai oleh Hary Tanoesoedibjo (HT) resmi memberikan dukungannya kepada pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur nomor urut tiga Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Salahuddin Uno dalam konstetasi pemilihan gubernur (Pilgub) di Ibu Kota.

Pengamat politik dari Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago menuturkan setidaknya ada empat keuntungan yang didapat oleh tim Anies-Sandi ketika mendapatkan dukungan dari Perindo. Pertama, dorongan ini bisa membuat elektabilitas paslon nomor urut tiga itu bisa lebih meningkat.

“Dukungan Perindo paling tidak bisa mendongkrak elektibilitas Anies-Sandi,” ujar Pangi kepada Okezone di Jakarta, Rabu (22/3/2017).

Kedua, lanjut Pangi, akan lebih memudahkan sosialisasi Anies-Sandi di media. Lalu, dukungan partai Perindo akan menambah kepercayaan untuk menang.

“Paling tidak bisa memantik kans untuk menang. Biasa pemilih dan memilih calon yang punya potensi menang bukan yang akan kalah,” jelas Pangi.

Dan yang terakhir, Pangi memaparkan dukungan ini bisa memperkuat konsolidasi tim Anies-Sandi dan penyemangat serta penguat bagi relawan pasangan tersebut.

“Dalam bahasa sederhana saya, bisa menjadi kekuatan baru atau energi politik baru yang berdampak pada kemenangan Anies Sandi. Perindo effect tak bisa dianggap enteng,” tutup Pangi.

Leave a Reply