Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Eksekutif Voxpol Pangi Syarwi Chaniago mengungkap sejumlah hal yang menjadi faktor kemenangan dari paslon cagub dan cawagub DKI Jakarta Anies-Sandi. Salah satu di antaranya, Anies-Sandi dinilai mampu meredam keributan-keributan yang terjadi selama tahapan pemilihan.

“Selain dari kekalahan Ahok-Djraot yang kemarin salah satunya karena isu sembako yang masif, yang menggiring opini publik,” kata Pangi, dalam Special Event, Rabu 19 April 2017.

Selain soal meredam keributan dan isu politik uang dengan sembako, meningkatnya suara Anies-Sandi juga didorong oleh faktor simbol politik yang ada pada sosok Prabowo Subianto. Efek Prabowo, dinilai mampu mendongkrak sentimen positif Anies-Sandi di putaran kedua.

“Ungkapan Anies-Sandi akan diturunkan kalau melanggar Pancasila dan konstitusi yang dicounter oleh Prabowo merupakan faktor yang tidak bisa dipungkiri,” kata Pangi.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari menyebut Ahok tidak terlalu pintar dalam berpolitik. Hal ini ditunjukkan dengan cara Ahok berkomunikasi yang kerap bermasalah. Faktor inilah yang kemudian disinyalir sebagai salah satu alasan suara Ahok-Djarot berpindah sebagiannya ke pasangan lawan.

“Kalau bicara hasil, Ahok dikalahkan oleh dirinya sendiri. Ahok sangat unggul kinerjanya tapi kemudian turun karena ucapan dia di Kepulauan Seribu. Tapi kalau kemampuan dan tekad tidak ada keraguan sedikitpun,” jelas Qodari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *