INILAHCOM, Jakarta – Pengamat Politik Pangi Syarwi Chaniago menilai, meningkatnya intensitas pertemuan Presiden Jokowi dengan Ketua Umum Partai Politik, Ormas Islam, TNI dan Polri mengindikasikan bahwa Jokowi ingin merapatkan barisan.

Ditambah lagi dengan adanya momentum aksi umat islam yang menuntut kasus hukum dugaan penistaan agama Gubernur DKI non aktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang ditengarai Jokowi bermuatan politis.

“Bicara aktor politik, saya kira sudah mulai memahami polaritas antara oposisi dan koalisi,” kata Pangi kepada INILAHCOM, Senin (21/11/2016).

Safari politik yang dilakukan Jokowi pasca demo 411, tak lain dan tak bukan untuk menyolidkan internal dan eksternal pemerintah. Terakhir adalah pertemuan dengan Ketua Umum PDI Perjuangan dan Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri di Istana Negara.

“Soliditas keluar yaitu silaturahim dengan partai koalisi namun masih kental cita rasa oposisi seperti PAN, PPP,” ujar Direktur Eksekutif Voxpol Center ini.

“Pertemuan Jokowi ke Prabowo juga pembicaraan politisi yaitu berbicara apa, dapat apa, bagaimana dan di mana. Namun bisa juga dibaca pertemuan negarawan, karena Prabowo siap membantu pemerintah,” tandasnya. [fad]

– See more at: http://nasional.inilah.com/read/detail/2340589/safari-politikjokowi-mulai-pahami-oposisikoalisi#sthash.0fbuKG6v.dpuf

– See more at: http://nasional.inilah.com/read/detail/2340589/safari-politikjokowi-mulai-pahami-oposisikoalisi#sthash.0fbuKG6v.dpuf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *