RILIS.ID, Jakarta— Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago menyebut, dukungan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi kepada Presiden Joko Widodo bisa menjadi buah simalakama bagi Partai Demokrat. Jokowi, kata Pangi, bisa saja nantinya memanfaatkan TGB untuk menurunkan citra Demokrat.

“Jokowi nanti bisa memanfaatkan TGB untuk men-downgrade Partai Demokrat. Ini bisa menjadi sinyal bahaya yang berpotensi merusak citra Demokrat ke depannya,” kata Pangi kepada rilis.id, Kamis (5/7/2018).

Pangi mencontohkan, mantan Ketua KPK Antasari Azhar yang terus bersuara tentang Ketua Umum Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono. Menurutnya, TGB bisa saja nantinya melakukan seperti Antasari Azhar kepada Presiden ke-6 tersebut. “Antasari Azhar kan terus bernyanyi tentang Demokrat,” ujarnya. Pangi menilai, Jokowi sudah berhasil dalam mendekati sejumlah kalangan yang selama ini dicitrakan berseberangan, termasuk ulama. Tak hanya itu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga dinilai sudah berhasil dalam mengelola isu-isu sensitif yang selama ini menyerangnya, di antaranya soal stigma jauh dari umat Islam. “Harus kita akui, Jokowi piawai soal merangkul orang orang yang sedang dibutuhkan di saat waktu yang tepat. Jokowi mulai memasukkan ulama, tokoh atau elite terbuang di parpol dirangkul masuk ke jejaring inner circle,” ungkapnya. TGB yang sudah mendeklarasikan dukungan itu, imbuh Pangi, menjadi kabar gembira bagi Jokowi. Bahkan, sosok TGB juga akan mampu mendongkrak elektabilitas Jokowi yang saat ini saja sudah unggul dari tokoh-tokoh lainnya. “TGB adalah representasi umat, ulama yang menyejukkan, bukan ulama yang menyebarkan permusuhan di dalam antaragama. Ditambah lagi kader terbaik Demokrat, succses story kepala daerah. Jadi sosok figur yang lengkap dan sempurna. TGB berpotensi bisa mendongkrak elektabilitas Jokowi,” pungkasnya.

Editor: Yayat R Cipasang

Leave a Reply