Jakarta – Pengamat Politik sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago‎ menilai sosok Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai calon wakil presiden (cawapres) potensial di pemilu 2019. Berpasangan dengan siapa saja, AHY bisa membantu meningkatkan elektabilitas.

‎”AHY salah satu Cawapres potensial dan bisa mendongkrak elektabilitas calon presiden (capres) siapa pun,” kata Pangi di Jakarta, Kamis (1/3).

Ia menjelaskan racikan elektabilitas, popularitas, dan akseptabilitas AHY mulai ada pertumbuhan. Citra AHY sebagai politisi pun mulai menanjak. “Walaupun tidak bertengger pada posisi teratas, masih kalah dari Jokowi dan Prabowo. Namun patut di pertimbangkan dan diperhitungkan, karena terus terjadi pergerakan dan pertumbuhan elektabilitas AHY,” jelas Pangi.

Menurutnya,‎ sosok AHY sebetulnya menarik juga dilirik Jokowi sebagai cawapres. Alasannya, rekam jejaknya cukup dan membanggakan. Ketika berkarier sebagai prajurit militer, AHY terbilang berprestasi. Dia juga punya partai sendiri yaitu Demokrat.

“Beliau juga masih terekam di benak masyarakat Indonesia, sebab pernah punya jam terbang, pengalaman menjadi cagub DKI Jakarta. Pilkada DKI Jakarta yang bercita rasa pilpres pada waktu itu, cukup berhasil mendongkrak elektabilitas AHY itu sendiri,” tutup Pangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *