jpnn.comJAKARTA – Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dinilai layak menjadi pendamping Prabowo Subianto dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Pasalnya, Irwan tercatat telah dua periode menjabat sebagai gubernur Sumbar.

Selain itu, dia pernah menjadi anggota DPR. Irwan juga politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Selama ini, PKS cukup dekat Partai Gerindra yang dipimpin Prabowo.

“Jadi, kalau melihat mantan kepala daerah yang punya success story, tentu ada pada sosok Irwan Prayitno,” ujar Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago kepada JPNN, Kamis (7/9).

Pangi menilai peluang Irwan terbuka lebar karena Prabowo.

Sebab, Prabowo diyakini bakal mencari figur calon wakil presiden yang memiliki pengalaman politik, cukup populer di tengah masyarakat, dan makan asam garam di pemerintahan.

“Saya kira sosok Irwan cukup tepat untuk menambal kekurangan Prabowo. Misalnya, pengalaman di pemerintahan. Jadi, artinya dapat saling mengisi,” ucapnya.

Pangi meyakini Gerindra akan melakukan seleksi secara ketat terkait calon wakil presiden yang bakal mendampingi Prabowo.

“Pada Pilpres 2014 lalu saya kira faktor penentu kemenangan Presiden Jokowi tak bisa lepas dari sosok Jusuf Kalla di belakangnya. Kalau Jokowi pada waktu itu salah mengambil wakil, prediksi saya Jokowi bisa ditenggelamkan Prabowo elektibilitasnya,” pungkas Pangi. 

Leave a Reply