MerahPutih.com – Terbongkarnya sindikat penyebar berita hoax berkonten ujaran kebencian dan SARA yang tergabung dalam kelompok Saracen harus dimaknai sebagai awal pemberantasan kelompok-kelompok lain yang serupa.

Hal itu dinyatakan Pengamat politik Pangi Syarwi kepada awak media menyusul tertangkapnya tiga pelaku kelompok Saracen.

Menurutnya, pembasmian kelompok serupa harus dilakukan secara adil dan proporsional tanpa pilah-pilih. “Yang pertama kita menilai hate speech itu musuh bersama dan sepakat harus diberantas. Kedua, pemberantasan terkait itu, proporsinya harus sama, baik dari kelompok yang merasa terzalimi atau di kelompok lain,” kata Pangi kepada awak media, Senin (28/8).

Jangan sampai, kata Pangi, kelompok yang kontra pemerintah diberantas. Sedangkan yang pro, dibiarkan terus memproduksi hate speech. “Persolannya yang di seberang sana disikat, yang di sini terus memproduksi hate speech. Jadi, proporsinya harus sama,” katanya.

Saat ini, katanya, terkesan pemerintah membiarkan kelompok yang pro dan menghabisi kelompok seberang. “Harus sama-sama dihabisi, sekarang terkesan hanya seberang saja. ‘Kan yang berkuasa juga belajar demikian, siapa yang tidak tahu Jasmev, Viktor Laiskodat, kenapa didiamkan itu hate speech . Kalau ingin memberantas yang adil,” katanya.

“Ini tugas pemerintah untuk berbuat adil. Apakah dia dari pihak pro atau kontra,” tandasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *