JAKARTA – Partai Golkar di bawah pimpinan Ketua Umum Airlangga Hartarto belum menunjuk sosok yang akan mengisi jabatan Ketua DPR menggantikan Setya Novanto.

Pengganti Setya Novanto (Setnov) sebagai pucuk pimpinan DPR diharapkan adalah sosok berintegritas dan bersih dari kasus hukum.

“Jangan sampai ketua DPR menjadi pribadi yang tersandera lagi. Jangan sampai mengulangi peristiwa hukum yang sama,” kata Direktur Eksekutif VoxPol Center, Pangi Syarwi Chaniago kepada SINDOnews, Selasa (2/1/2018).

Pangi mengatakan, siapa pun sosok yang ditunjuk Airlangga untuk menjadi Ketua DPR menggantikan Setnov harus mampu mendongkrak citra parlemen yang sempat merosot akibat kasus korupsi proyek kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP).

“Ketua DPR ke depan harus memprioritaskan kepentingan citra institusi DPR ketimbang kepentingan pribadi, kelompok dan golongannya,” ucap Pangi.

(Baca juga: Draf Pengurus DPP Golkar Beredar, Agus Ketua DPR, Idrus Mensos)

Menurut dia, hanya ada satu cara menyelamatkan citra institusi DPR, yakni memilih ketua DPR yang benar-benar berintegritas dan bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *