Jakarta, CNN Indonesia — Lembaga survei Voxpol Center memastikan pasangan Ahok-Djarot dan Anies-Sandi akan bertemu pada pemilihan kepala daerah DKI Jakarta putaran kedua pada April nanti setelah mendapatkan hasil hitung cepat.

Hasil hitung cepat Voxpol Center menyatakan suara yang memilih pasangan Agus Yudhoyono mencapai sekitar 17 persen, Ahok-Djarot mencapai 42 persen dan Anies-Sandi memperoleh 40 persen.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Chaniago mengatakan dengan hasil tersebut maka dipastikan pasangan nomor urut dua dan tiga akan ‘bertarung’ kembali pada Pilkada DKI Jakarta putaran kedua.

“Ahok dan Anies akan bertemu pada putaran kedua, dipastikan akan lebih sengit,” kata Pangi ketika dihubungi CNNIndonesia.com, Rabu (15/2).

Perolehan suara Voxpol Center mencapai 100 persen dari 400 TPS dengan margin of error mencapai 1 persen.

Pangi menegaskan suara yang diperoleh oleh pasangan Ahok-Djarot menunjukkan bahwa kasus dugaan penistaan agama tak memiliki dampak kepada pemilih rasional di Jakarta. Selain itu, kasus hak angket terkait dengan pengaktifan kembali status Ahok sebagai gubernur pun dinilai tak memengaruhi perolehan suara.

“Tsunami penistaan agama ternyata tak berpengaruh pada suara Ahok, termasuk hak angket. Ini menunjukkan pemilih di Jakarta banyak yang rasional,” kata Pangi.

Ketika ditanya mengenai strategi apa yang harus dilakukan kedua pasangan, Pangi menegaskan pihaknya belum menyentuh persoalan tersebut. Dia juga belum mengetahui kemana basis pendukung AHY-Sylvi akan menyalurkan suaranya pada April nanti. (asa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *