KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Pemindahan ibu kota negara dinilai akan menjadi keberhasilan Presiden Joko Widodo dan meningkatkan elektabilitasnya jelang Pilpres 2019. Menurut Pengamat Politik Pangi Syarwi Chaniago, jika rencana pemindahan ibu kota terealisasi, dukungan kepada Jokowi akan meningkat.

“Kalau presiden Jokowi berhasil memindahkan ibu kota ke Kalimantan, maka ini akan menjadi sejarah dan akan dicatat generasi Indonesia. Elektibilitas presiden otomatis tak akan terbendung karena dukungan dari wilayah Indonesia Timur makin kuat,” ujar Pangi kepada Kriminalitas.com, Kamis (6/7/2017).

Hal tersebut dirasanya semakin kuat mengingat Jokowi dianggap memiliki langkah paling konkrit dalam memerhatikan kesenjangan antara Jawa dengan pulau di luar Jawa.

“Era presiden Jokowi tak bisa kita tutup mata bahwa pembangunan infrastruktur sangat terasa dan terlihat secara langsung,” tegasnya.

“Kalau presiden bisa membangun pusat pemerintahan baru, istana dan kementerian, ini jelas sangat tepat menggunakan tagline Indonesia baru,” tandasnya.

Wacana pemindahan ibu kota negara ini bergulir usai Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menyatakan telah mendiskusikannya dengan Presiden Jokowi. Bahkan menurutnya kajian soal pemindahan ibu kota negara ini akan selesai tahun ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *