Jakarta, HanTer – Pengamat politik dari Voxpol, Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, sangat tipis kemungkinan Partai Demokrat bakal mendukung Jokowi dalam Pilpres 2019 mendatang. Karena secara chemestry (hubungan yang sesuai) koalisi Demokrat mempunyai kanal dan poros sendiri. Sehingga sangat sulit partai berlambang mercy tersebut bisa bergabung untuk mendukung koalisi PDIP mengusung Jokowi.

“Koalisi terbentuk trendnya tidak didasarkan kesamaan ideologi, lebih pada kepentingan aktor politik,” kata Pangi kepada Harian Terbit, Kamis (24/8/2017).

Pangi menuturkan, koalisi bukan untuk kepentingan pragmatis namun benar benar untuk kepentingan masyarakat.

Namun tren Demokrat dan PDIP dalam suatu poros atau gerbong semakin jauh dari realisasi. Karena kepentingan political bergaining dua partai tersebut juga sulit ada titik temu. Pada dasarnya koalisi cenderung beroreantasi pragmatis terutama pada kesepakatan pada level parpol support coalition (koalisi jangka panjang) dan ad-hoc coalition (koalisi jangka pendek).

“Perjuangan koalisi itu bergantung pada isu yang diperjuangkan. Sulit akan terjadi baik support coalisi maupun adhoc coalition. Sebab habitus politik mereka belum pernah sama secara chemestry politik. Dua tokoh sentral SBY dan Megawati masih dingin hubunganya,” jelasnya.

Lebih lanjut Pangi mengatakan, dalam Pilpres 2019 kemungkinan akan terbentuk 3 poros. Yaitu poros Jokowi dan koalisinya, poros Prabowo dan koalisinya serta poros tengah atau alternatif dengan koalisi pendukungnya.

Posisi partai Demokrat hari ini lebih dekat pada poros oposisi, karena cenderung kritis dan tak mendukung kebijakan dan program pemerintah.

“Sangat tipis akan terbentuk koalisi legilatif dan koalisi pemerintah, argumen Demokrat akan mengusung Jokowi dalam pilpres juga sangat jauh dan tak memungkinkan. Tapi politik ibarat cuaca, sehingga sulit ditebak ujung cerita politik karena dinamis untuk 1,5 tahun ke depan,” paparnya.

Saat peringatan HUT RI ke 72 yang berlangsung di Istana, SBY beserta istri dan anaknya juga turut datang. Dengan pakaian adat Betawi, SBY sempat berfoto bersama dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Tidak heran banyak khalayak yang menilai SBY akan merapat memberikan dukungan kepada Jokowi dalam Pilpres 2019 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *